Sabtu, 30 Juli 2011

Visioner Yang SMART

Bismillahirahmani rahim ...
hmmmm... Alhamdulillah akhirnya bisa nulis tentang topik ini setelah sekian lama memiliki hasrat menulis ini.

Lets ! Sebelum mulai bahasan aku mau tanya dulu sama you-you semua, apa yang paling awal terfikirkan ketika baca judul dari tulisan ini hayooooo?? :) Ini permainan Top Level of Mind nihhh. Kalo you-you ada jawaban atas pertanyaan ini tulis di komeng yaa ~,^. Tapi aku coba tebak dulu... kebanyakan dari temen-temen pasti berpikir bahwa Visioner yang SMART itu Visioner yang PINTER yang sering baca buku dan selalu dapet nilai Cumlaude (bagi yg mahasiswa). Heheheheh.... ya bolehlah kalo ada yang jawab seperti itu. Tapi yang akan aku bahas disini lebih dari sekedar PINTER tapi juga ter-manage dengan baik dan sistematis. yuhhuuuuu... ada yang nggak suka dengan kata-kata sistematis? Bagi temen-temen yang pemakaian otak kanannya lebih dominan mesti kurang sregg dengan hal yg berbau sistematis. Apa hubungannyaa?? Cari tahu sendiri yeeee ... :D

Visioner ! Orang yang berjiwa visioner pasti memiliki banyak mimpi yang hebat-hebat. Eeeittttsss... tapi beda yaa orang yang bermimpi dengan orang yang utopis. Hehehe... orang yang memiliki mimpi sudah dipastikan ia akan melakukan sesuatu untuk meraih mimpi-mimpinya. Namun, orang yang utopis hmmmm... ia punya mimpi siiihhh.... tapi hanya sekedar mimpi, nggak ada action untuk bisa mencapai impiannya tersebut. Nah, orang yang visioner pasti ia akan melakukan sesuatu untuk mencapai mimpi-mimpinya. Iya apa iya?? Karena orang yang visioner pasti diiringi dengan misi yang ia buat. Kayak para calon pemimpin itu lhooo kalo lagi kampanye selalu ada embel-embel "Visi dan Misi saya akan mewujudkan bla bla bla bla bla... ", ( yaaa... bukti dari visi para pemimpin kita bisa lihat sendiri yaahh .. semoga bisa terwujudkan semua. Amiinn) hehehe.

Menjadi diri yang visioner itu penting lhooo bro and sist. Karena Visi itulah yang nantinya akan mengarahkan kita pada apa yang kita impikan. Beberapa target yang akan kita capai tercantum di situ semua. Menjadi diri yang visioner berarti mampu menjadi diri yang memiliki arah pandangan ke depan.. arah pandangan untuk jangka panjang... arah pandang yang pastinya untuk masa depan kita yang lebih baik. So, gimana caranya agar kita bisa menjadi seorang Visioner yang SMART ?

ahaaaaa... kata SMART sendiri itu memiliki makna di setiap hurufnya. Menjadi Visioner yang SMART :

1. S : Specific, alias spesifik. Setiap target (visi) yang kita buat itu haruslah spesifik jelas, detail. Dalam 1 kalimat target itu mengindikasikan 1 target, baru kemudian dilanjutkan target yang lain di poin yang lain. Selain itu jg mencakup gimana cara kita mencapainya (metode), dan indikatornya keberhasilannya seperti apa. Buat target impian temen-temen serinci mungkin, dari hal yang paling simple (mungkin) hingga suatu hal yang paling hebat dalam kehidupan temen-temen. Eeiittss... asal segala target itu tetap terarah pada hal-hal kebaikan yaa ~,^.



2. M : Measureable, alias terukur. Nah, yang terukur disini maksudnya setiap target yang dibuat temen-temen benar-benar jelas bagaimana metodenya serta indikator pencapaiannya serta keberhasilannya seperti apa. Metode ini yang nantinya akan menjadi langkah temen-temen agar bisa memulai usaha mencapai impian yang sudah ter-list. Indikator, akan menjadi supporting system temen-temen untuk selalu komitmen terhadap apa yang sudah temen-temen rencanakan.

3. A : Action !!! JTNA --> Just Talk No Action ?? Jangan sampeeeeeee deh yaaa... sayang atuh semua yang udah kita rencanakan tapi nggak ada action-nya. Action adalah bentuk konkrit dari langkah temen-temen mencapai mimpi-mimpi.  WUJUDKAN !! Cari jargon yang cocok yang pas untuk menyemangati kalian selama Action dilancarkan, seperti huruf CapsLock yang sebelumnya ini tadi ... hohoohohoo. Tapi temen-temen boleh pakai jargon sesuka dan sesuai dengan cirikhas kalian kok, nggak perlu imitasi kata itu hahaahha.

4. R : Realistic, alias realistis. Semua target yang temen-temen rencanakan pastikan bahwa kalian MAMPU untuk mencapainya. Dan yang lebih tepatnya itu sesuai dengan kemampuan kalian, karena itu yang akan menjadikan mimpi kita realistis. Hal-hal yang realistis Insya Allah akan menjadikan kita ringan dalam usaha mencapai impian kita.

5. T : Timeable, rancang agenda waktu untuk mencapai impian kalian. Hal-hal yang ter-manage dengan baik akan memudahkan kita dalam menjalani prosesnya. Dan maksud dari timeable ini... temen-temen diminta untuk membuat batasan waktu untuk mencapai mimpi tersebut. Kapan kalian akan mencapainya, tanggal berapa, bulan apa, tahun berapa. Apa manfaatnya??? Itu yang nantinya akan membuat kalian bersemangat menjalani proses mencapai impian hingga benar-benar tercapai dan menjadikan diri HEBAT karena hasilnya akan kalian rasakan sesuai dengan indikator rancangan target yang telah ada.

Hohoohoo...setelah baca bahasan di atas, apakah sudah terbayang di benak dan pikiran temen-temen dalam meraih mimpi-mimpi yang yaa mungkin selama ini hanya utopis saja? Hmmm... Lets make Your Dreams from Beginning ~,^ !! Eeeeiitttsss... ingat semua target yang kalian rencanakan nggak akan berarti tanpa "DOA". Kekuatan Doa itu perlu kita yakini karena tetap saja.... sebagai manusia hanya bisa merencanakan dan berusaha dalam mencapai apa yang menjadi keinginannya. Sementara hasilnya hanya Allah yang akan menentukan, Dia yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam memutuskan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Tapi teteeeeppp yaaa kita harus berusaha karena " Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (Q.S. Ar-Ra'du : 11)". Usaha itulah yang kemudian menjadi nilai yang akan dibuat oleh Allah untuk menentukan hasilnya, Insya Allah.

Satu hal lagi yang harus temen-temen lakukan ketika membuat target yang kalian rencanakan selama hidup kalian yaitu... Tulislah segala yang kalian rencanakan itu di lembaran kertas putih kemudian tempel di tempat-tempat yang strategis yang bisa kalian lihat secara Live hehehhe.. karena dengan begitu kalian akan sering teringatkan akan impian-impian kalian. Ada petuah berkata "Para syuhada berjuang dengan berjihad, sementara para ulama berjuang dengan tulisan sehingga peradaban dunia menjadi mulia." So, GANBATTE nggihh... ! Jadilah Visioner yang SMART !!! ~,^






"Maybe we received nothing we wanted but we received EVERYTHING we needed because Allah SWT.. So, Stay turn your Heart just because Allah Ta'ala."

~Si Lebah dan Kupu-Kupu~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar