Kamis, 16 Juni 2011

Semangat yang Timbul Tenggelam

Assalamu'alaykum. 


hmmmm.... semangat yang timbul tenggelam... udah kayak ombak aja yaa kadang naik kadang turun.
Tapi aku yakin itu semua kalian alami.. ya kan? Pasti udah pada pernah merasakan... pas ombaknya lagi naik, lagi semangat-semangatnya tuh... nah lho pas ombaknya tenggelam... lunglai tak bersemangat deh. Waktu lagi semangat-semangat nya... semua kerjaan terlist rapi, detail, sistematis... habis itu langsung deh tancap habisi semua kerjaan selesaikan sikaaaattt !! Kerjaan banyak, ngantri.... tak masalah, yang penting udah di list... pe-er ini pe-er itu pe-er sana pe-er sini... oke Sippp !! Petantang petenteng udah kayak komandan pas semangatnya lagi membara. Mulai deh... diselesein atu-atu thu kerjaan sambil sial-siul sambil nyanyi-nyanyi "disini senang disana senang dimana-mana hatiku senang.."

Eeeeeehhh..beberapa hari kemudian, taunya, si semangat tiba-tiba ngedrop... katanya si capek... katanya si bosen... katanya si jenuh... katanya si nanannanannaana... yaudah deh dikata-katain aja kalo gitu mah bawaannya sama si bos :D. Gara-gara semangat udah menurun nih, kerjaan perlahan terlalaikan. Yang udah ter-list secara rapi detail dan sistematis seakan udah gag ada ngaruhnya lagi. Terus mau dibawa kemana kerjaannyaaaa? Mau diapain amanahnyaaaa ??? Nah lho... amanah itu amanah... ! Ada yang beralasan "gue lagi galau nih bro/sist jadi ga bisa konsen" .... "ga tau knp ane merasa agak jenuh ni butuh penyemangat buat bangkitin semangat ane lagi " ... "aku lagi punya masalah beraaattt banget ni fren...jadi males ngapa-ngapain". Nah lhoooo gaswat dahrurat ini mah..

Alamaaaaaaaakkk...bak putus saja harapan hidup ente - ente semua itu. Di kemanakan ente punya Allah ? Di kemanakan ente punya Alquran? Kalo ternyata kamu kamu sekalian sedang mengalaminya, merasa lelah, jenuh, galau, dan akibatnya semangat menurun drastis... terus mau apa kalian coba? Meratapi masalah tanpa berusaha diselesaikan? Ngelamun berjam-jam? Membiarkan galau bersemayam di dalam hatimu? Saking galaunya bahkan berniat "Mati aja deh gue !!" Naudzubillahimindzaliik...
Kalo kata temen-temen kampus ku... "#suram sekali anda itu... saya prihatin !" 

Sodara-sodari sekalian... kalo ternyata berada dalam keadaan seperti itu, berarti ada sesuatu yang salah bukan? Coba koreksi diri... bagaimana dengan awalan niat kita dulu? Adakah prasangka-prasangka atau keinginan-keinginan tertentu ketika kita melakukan pekerjaan kita dan itu tidak ditujukan pada Allah atas dasar keikhlasan? Atau bahkan karena ibadah kita yang belum baik selama ini sehingga membuat kita merasa semakin jauh dariNYA? Coba di cek lagi hatinyaaa.... :) cek lagi amalannya... sudah sesuai kah dipersembahkan ke Allah ta'ala? Bisa jadi kan, semua kegalauan, kejenuhan, dan masalah yang hinggap di dirimu itu lahir dari itu semua. Niatkanlah segala pekerjaanmu itu untuk mendapat ridho dariNYA, mempersembahkan hanya untukNYA, dan biasakanlah mengevaluasi diri setiap harinya agar kau tau mana letak kesalahanmu yg harus diperbaiki esok hari.. mana kebaikan yang harus kau tingkatkan lagi esok hari... ambil ibroh (pelajaran/hikmah) dari semua amalan sehari itu. Kemudian jagalah semangatmu dengan terus-menerus mengingatNYA. Shalat tepat waktu, perbanyak tilawah, rajin berdzikir (Al-Matsurat), muraja'ah... pokoknya apa deh yg bisa membuat kamu makin dekat denganNYA.

Tetap jaga semangat mu.... bahkan kalo bisa perbaikilah semangatmu. Ada pepatah berkata "Beruntunglah orang yang memperbarui semangat dalam setiap pergantian waktu, menjaga niat tetap dalam kebaikan. Lalu temukanlah Allah dalam setiap gerak langkah dan helaan nafas." (Hasan Al Banna)  ^,^ Insya Allah dengan begitu kamu akan tetap istiqomah.. tetap semangat walau badai datang menghalang mampu kau libasssss !! ciiiyyyaaaaaaaaaaaatttt !!! Eeeeeeiittsss.. tak sampai di situ saja kawan-kawan.... satu kunci lagi agar kalian tetap pada semangat kalian... FOKUS !! Arahkan apa yang menjadi tujuan kalian ketika melakukan suatu pekerjaan lalu fokus dan jalani. ~,^ Tentukan target lalu jalani.... dan take it easy guysss.... everything is gonna be alright ... hahahahha.... selamat menikmati hari-harimua esok hari :D semoga mampu memberi kemanfaatan bagi orang lain.

GANBATTE NGGIH !!! 

Wassalam.

4 komentar: